Jumat, 25 April 2014

PERCOBAAN SAHLI/ HAEMOGLOBIN

DASAR PERCOBAAN :
Pada cara ini Haemoglobin diubah menjadi hematin asam, kemudian warna yang terjadi dibandingkan secara visual dengan standart dalam alat ini.
JALAN PERCOBAAN :
1.      Dimasukkan kira-kira 5 tetes HCl dalam tabung pengencer Haemometer (sampa batas angka 2)
2.      Dihisap darah EDTA dengan pipet Haemoglobin sampai tanda garis 20 ul
3.      Dihapus darah yang melekat pada luar ujung pipet
4.      Dicatat waktunya dan segera dialirkan ke dalam tabung pengencer yang berisi HCl (jangan sampai terbentuk gelombang udara)
5.      Dicampur isi tabung dengan digoyangkan supaya darah dan larutamn HCl bercampur dan berubah warna menjadi coklat tua
6.      Ditambahkan air akuades sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan bantang pengaduk. Samakan warna campuran dengan warna pada standart dalam waktu 3-5 menit setelah darah dan HCl tercampur.
7.      Dibaca kadar Haemoglobin dengan gram/ 100 ml darah

HASIL PERCOBAAN :
1.      Masukkan kira-kira 5 tetes HCl dalam tabung pengencer Haemometer (sampa batas angka 2)
2.      Hisap darah EDTA dengan pipet Haemoglobin sampai tanda garis 20 ul
3.      Hapus darah yang melekat pada luar ujung pipet
4.      Catat waktunya dan segera dialirkan ke dalam tabung pengencer yang berisi HCl (jangan sampai terbentuk gelombang udara)
5.      Campur isi tabung dengan digoyangkan supaya darah dan larutan HCl bercampur dan berubah warna menjadi coklat tua
6.      Tambahkan air akuades sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan bantang pengaduk. Samakan warna campuran dengan warna pada standart dalam waktu 3-5 menit setelah darah dan HCl tercampur.
7.      Baca kadar Haemoglobin dengan gram/ 100 ml darah
DISKUSI                    :
Dari hasil pengamatan dalam percoban Haemometer bercampur HCL 0,1 N menjadi coklat tua. Untuk menentukan kadar HB perlu ditambah air akuades secara bertahap supaya warna campuran darah sama dengan warna standart pada tabung Haemometer dan menunjukkan angka 12.
KESIMPULAN          :

Kadar HB pada probandus 12 gr%

Tidak ada komentar:

Posting Komentar