Rabu, 02 April 2014

STANDAR 1 : PERSIAPAN UNTUK KEHIDUPAN KELUARGA SEHAT



STANDAR 1 : PERSIAPAN UNTUK KEHIDUPAN KELUARGA SEHAT
TUJUAN
Memberikan penyuluhan kesehatan yang tepat untuk mempersiapkan kehamilan yang sehat dan terencana serta menjadi orangtua yang bertanggungjawab.
PERNYATAAN STANDAR
Bidan memberikan penyuluhan dan nasehat kepada perorangan, keluarga dan masyarakat terhadap segala hal yang berkaitan dengan kehamilan, termasuk penyuluhan kesehatan umum, gizi, KB, dan kesiapan dalam menghadapi kehamilan dan menjadi orangtua, mneghindari kebiasaan yang tidak baik dan mendukung kebiasaan yang baik.
HASIL
·         Masyarakat dan perorangan ikut serta dalam upaya mencapai kehamilan yang sehat
·         Pengetahuan ibu, keluarga dan masyarakat meningkat tentang fungsi alat-alat reproduksi dan bahaya kehamilan pada usia muda
·         Tanda-tanda bahaya kehamilan diketahui oleh keluarga dan masyarakat

PRASYARAT
1.      Bidan bekerjasama dengan kader kesehatan dan sektor terkait sesuai dengan kebutuhan
2.      Bidan dididik dan terlatih dalam hal :
2.1 penyuluhan kesehatan
2.2 komunikasi dan ketrampilan konseling dasar
2.3 siklus menstruasi, perkembangan kehamilan, meode kontrasepsi, gizi, bahaya kehamilan pada usia muda, kebersihan dan kesehatan diri, kesehatan/ kematangan seksual dan tanda bahaya pada kehamilan
3.      Tersedia bahan untuk penyuluhan kesehatan tentang hal-hal di atas

PROSES
Bidan harus :
1.      Merencanakan kunjungan secara teratur ke posyandu, kelompok ibu/ KPKIA, sekolah dan tempat kegiatan masyarakat untuk memberikan penyuluhan tentang kesehatan/kebersihan secraa umum, kesiapan menghadapi kehamilan, makanan bergizi, pencegahan anemia, kematangan seksual, kehidupan seksual yang bertanggungjawab dan bahaya kehamilan pada usia muda.
2.      Hormatai adat istiadat setempat/perorangan ketika memberikan penyuluhan dan berikan dukungan untuk kebiasaan tradisional yang positif.
3.      Beri penyuluhan yang dapat memotivasi masyarakat untuk meningkatkan kesehatannya, dan buatlah agar mereka mau mengajukan pertanyaan.
4.      Jawablah pertanyaan ibu/suami atau keluarga dengan jujur dan sopan
5.      Berikan jawaban yang lebihh jelas kemudian bila jawaban belum tuntas saat itu, janjikan jawaban pada kunjungan berikutnya
6.      Gunakan alat bantu yang menunjang dan bahasa yang mudah dipahami
7.      Beritahukan jadwal kegiatan bidan untuk memeriksakan kehamilan dan konseling perseorangan
8.      Adakan konseling perseorangan di temapt khusus, agar kerahasiaan terjaga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar